Berita

BUDAYA: MINANGKABAU. ASALNYA PERANTAU HEBAT

2018-10-11

Minangkabau.
Adalah salah satu suku budaya dari bermacam-macam suku budaya di Indonesia, adanya di Sumatera Barat.

Sebagai seorang yang lahir dan tentunya mempunyai darah Minangkabau saya lumayan sangat mengetahui tentang budaya dan daerah di Sumbar (Sumatera Barat). Bapak yang berasal dari Bukittinggi dan Ibu dari Payakumbuh. Semenjak kecil bahkan sampai SMA pun saya sering berpergian kesana karena saya tinggal di Pekanbaru, tidak jauh untuk kesana. Saya paham benar bagaimana keindahan dan keelokan ranah Minang, budaya, bahasa dsb.

Dataran tinggi yang berbukit-bukit, suhu yang dingin, makanan yang sangat enak, hamparan alam yang hijau subur serta indah dan luas dll pasti berbeda dengan daerah lainnya dimanapun..

Masyrakat Minangkabau ialah suatu masyarakat yang menganut sistim Matriarileneal dimana garis Ibu lebih dominan dan hukum kewarisan mengikuti garis Ibu, satu-satunya di-Indonesia. Masyarakat Minang terkenal dengan ke-religius-annya, dengan masyarakat yang hampir semuanya muslim. Kemanapun kita melihat, pasti akan menjumpai mesjid, minimal sebuah Surau dengan arsitektur Minang yang khas.

 

"Rumah Gadang" , salah satu ciri khas aristektur Minang, dengan ciri khas tanduk di ujung atap pada setiap bangunan disana. Tanduk seperti tanduk kerbau yang mengisyaratkan arti Minangkabau.


 

"Jam Gadang" ,  terletak di Bukittinggi yang berarti jam yang besar. Dibangun tahun 1926 dan menjadi ikon Bukittinggi juga Sumbar. Di area Jam Gadang juga terdapat pasar yang bernama "Pasar Ateh" tempat mencari oleh-oleh khas dan menjadi pusat keramaian.


 


 

"Ngarai Sianok" ,  disebut-sebut sebagai Grand Canyon-nya Indonesia. Terletak tidak jauh dari Benteng Fort de Cock. Benteng yang dibangun pada masa penjajahan Jepang. Lihat betapa indahnya!


 



Memang tidak cukup untuk menjelaskan bagaimana keindahan ranah Minang di tulisan ini. Selanjutnya, saya ingin  menceritakan salah satu kesenian dari Minang..

 

"Tari Piring" , kesenian tari dengan menggunakan piring-piring dengan gerakan cepat dan tidak jatuh bahkan pecah! Tarian ini diiringi oleh alat musik khas Minang yaitu Talempong dan Saluang. Tarian ini sangat dikenal di Indonesia.


 

 

 

Sekian dulu tulisan saya mengenai budaya dan daerah Minangkabau. Ini memang sangat sedikit, dan saya lebih menyarankan agar langsung ke Sumbar untuk melihat keindahan-keindahan yang diciptakan Allah swt ini...

KATEGORI


Recent berita


Thumbnail [225px x225]

STRATEGI PENGEMBANGAN PERILAKU ADAPTIF ANAK TUNAGRAHITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Abstrak: Artikel ini membahas tentang pengembangan perilaku adaptif anak tunagrahita melalui mode

Selengkapnya..
Thumbnail [225px x225]

Dramaturgi Politik Jelang Pilpres

Nurudin 
Kepala Pusat Kajian Sosial Politik, FISIP, Universitas Muha

Selengkapnya..
Thumbnail [225px x225]

Permainan Politik Bocah

Ketika memasuki kelas 4 Sekolah Dasar (SD), saya pernah menemukan sebuah layang-layang yang tersa

Selengkapnya..
Thumbnail [225px x225]

BUDAYA: MINANGKABAU. ASALNYA PERANTAU HEBAT

Minangkabau.
Adalah salah satu suku budaya dari bermacam-macam suku budaya di Indonesia, a

Selengkapnya..
Thumbnail [225px x225]

WAJIB TAHU, 9 BUDAYA INDONESIA YANG SUDAH DIAKUI SECARA RESMI OLEH UNESCO

Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam. Setiap daerah, punya budayanya masing-masing.

Selengkapnya..